KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN

KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN

OLEH

Susanto SHI, S.AP.

(Kordinator Tata Usaha dan Guru Mata Pelajaran Tekinkom SMP Negeri 2 OKU,

juga Tutor Program S1 PGSD Pokjar Baturaja Ogan Komering Ulu)

Pendahuluan

Teknologi yang berkembang demikian pesatnya mengharuskan guru untuk senantiasa terus mengembangkan ilmu dan keterampilannya, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran komputer. Komputer mampu melakukan pekerjaan yang cepat dan rumit serta menakjubkan sehingga sangat tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dewasa ini.

Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Menurut Hamacher (dalam Computer Organization), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Blissmer (dalam Computer Annual), komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas : 1) menerima input, 2) memproses input tadi sesuai dengan programnya, 3) menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan. 4) menyediakan output dalam bentuk informasi. Menurut Fuori (dalam Introduction to the Computer), komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Menurut  Sanders (1985), komputer merupakan sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2003) mengartikan komputer sebagai alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Dari seluruh pengertian diatas secara sederhana dapatlah disimpulkan bahwa komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terangkai sebagai satu kesatuan sehingga mampu memproses data dan menghasilkan output sesuai dengan input yang diterimanya.

Satu unit komputer merupakan satu sistem komputer (computer system) yang komponennya terdiri dari hardware dan software. Sedangkan satu sistem operasi komputer disamping terdiri dari hardware dan software, harus ada brainware. Hardware (Perangkat Keras) yaitu peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah, contohnya CPU, Mouse, Keyboard, Monitor. Software (Perangkat Lunak) yaitu program di dalam sistem komputer, yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data, contohnya Window, L:inux, Opensource, Excel, Word, Powerpoint, Internet Explorer, dan lain-lain. Brainware (Perangkat Otak) yaitu manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

Satu unit komputer sederhana terdiri dari 1 buah CPU, 1 buah Keyboard, 1 buah Monitor, dan 1 buah Mouse. Pelengkapnya biasanya ditambah Printer dan Speaker.

Penggolongan Komputer

A. Berdasarkan Data Yang Diolah

  1. Komputer Analog
  2. Komputer Digital
  3. Komputer Hybrid

B. Berdasarkan Penggunannya

  1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
  2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

C. Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya

  1. Komputer Mikro (Micro Computer)
  2. Komputer Mini (Mini Computer)
  3. Komputer Kecil (Small Computer)
  4. Komputer Menengah (Medium Computer)
  5. Komputer Besar (Large Computer)
  6. Komputer Super (Super Computer)

D. Berdasarkan Generasinya

  1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
  3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
  4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
  5. Komputer Generasi Kelima

E. Berdasarkan kapabilitas atau kemampuannya

1. Desktop Computer, yaitu komputer yang terdiri dari perlengkapan dasar yang statis, tidak dapat dibawa kemana-mana, dan biasa diletakkan di meja kerja.

2. Laptop Computer, yaitu komputer yang dapat dipindah-pindahkan (portable), dan dibawa setiap saat sesuai keperluan.

3. PDA (Personal Digital Assistant), yaitu komputer kecil yang mempunyai ukuran sebesar saku, dan biasa disebut juga Palmtop.

Komponen Komputer

1.  Komponen Hardware

1) Input Devices, yaitu sarana yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer, contohnya Mouse (untuk mengarahkan kursor/panah petunjuk atau pointer dan menjalankan perintah dengan cara menekan pada ikon atau titik tertentu), Keyboard (untuk memasukkan data berupa angka, huruf atau fungsi tertentu), Touch Screen (layar sentuh), Scanner (untuk merekam gambar atau objek yang diletakkan diatasnya ke dalam sistem komputer), Camera Digital (untuk merekam gambar atau objek dengan lensa yang ada padanya lalau dimasukkan ke dalam sistem komputer).

2) Central Processing Unit (CPU), yaitu sarana yang berfungsi mengolah dan menyimpan data atau informasi yang masuk melalui input devices. Oleh karena itu CPU disebut sebagai otaknya komputer, fungsi utamanya adalah membaca dan menginterpretasikan tugas-tugas yang diberikan melalui program atau software. Ia berperan pada aktivitas koordinasi dalam proses pengolahan data.

3) Output Devices, yaitu sarana yang berfungsi menampilkan data yang sudah diolah oleh CPU menjadi informasi yang dapat dibaca atau dilihat berupa tayangan atau softcopy oleh Monitor, atau dicetak di kertas berupa hardcopy oleh Printer atau Plotter (mesin cetak untuk memproses gambar dalam ukuran besar).

2. Komponen Software

1) Pengolah kata (word processing), contohnya Microsoft Office Word.

2) Pengolah angka (figuring, spread sheet), contohnya Microsoft Office Excell.

3) Pengolah tayang/Presentasi, contohnya Microsoft Office Powerpoint

4) Pengolah gambar, contohnya Adobe Photoshop, Freehand, Coreldraw

5) Pengolah basic data/Database, contohnya Visual Basic

6) Pemrograman, contohnya Turbo Pascal.

7) Penjelajah internet, contohnya Internet Explorer, Mozilla Firefox.

Dan lain-lain

Penggunaan komputer

- Pengetikan (typing), penyuntingan (editing), penyusunan tata letak (layout), percetakan dan penerbitan (printing and publishing)

-  Desain dan pembuatan grafik

- Penyimpanan data

- Pengolahan data

- Jaringan informasi

Rekaman hasil ketikan komputer disimpan dalam bentuk file. Satu atau lebih file dapat disimpan dalam bentuk folder.

Bentuk Interaksi Pembelajaran dengan Media Komputer

Heinich dkk (1986) mengemukakan 6 bentuk interaksi pembelajaran yaitu :

1. Praktek dan latihan (drill and practise)

Digunakan untuk melatih siswa menggunakan konsep, aturan atau prosedur yang telah diajarkan sebelumnya. Perlu juga memberikan reward (ganjaran) kepada siswa yang berhasil melakukan tugasnya dengan baik dan reinforcement (pengukuhan hasil belajar) dengan menerapkan konsep mastery learning (pembelajaran dilanjutkan ke pengetahuan dan keterampilan yang lebih tinggi hanya jika siswa telah menguasai pengetahuan dan keterampilan yang lebih rendah dibawahnya).

2. Tutorial

Berbentuk tayangan pengetahuan dan informasi dalam unit-unit kecil lalu memberikan serangkaian pertanyaan yang harus dijawab. Topik boleh dipilih oleh siswa sesuai kebutuhan.

3. Permainan (games)

Permainan bersifat pembelajaran bila mengandung pengetahuan dan keterampilan, daya tarik dan tujuan pembelajaran (instructional objectives serta aturan (rule) yang menjadi acuan skor/pemenang.

4. Simulasi (simulation)

Yaitu sebuah situasi buatan (artifisial) yang menyerupai situasi yang sesungguhnya.

5. Penemuan (discovery)

Merupakan pendekatan induktif dalam pembelajaran, yaitu siswa mencari informasi sebanyak mungkin lalu membuat kesimpulan dari sejumlah informasi yang dipelajarinya.

6. Pemecahan masalah (problem solving)

Yaitu berpikir logis dan sistematis untuk memecahkan suatu permasalahan. Soal atau masalah diklasifikasikan berdasarkan tingkat kesulitannya.

Operating System Windows XP

Window merupakan sistem operasi yang digunakan untuk komputer yang berbasis IBM. Ketika komputer pertama kali dinyalakan (booting) maka window mengaktifkan semua komponen yang ada pada komputer. Ada istilah plug and play, yaitu piranti lain (seperti kamera Digital) dapat dipasang seketika dan terbaca tanpa harus diseting terlebih dahulu. Ada juga istilah multitasking, yaitu kemampuan komputer melakukan lebih dari satu tugas dalam waktu yang sama, umpamanya sementara anda mencetak dengan printer, anda juga bisa mengetik atau browsing internet.

Tampilan pertama window ketika baru dinyalakan adalah desktop (latar/background). Pada desktop di sisi kirinya terdapat icon (gambar simbol dari suatu shortcut). Dibawah icon ada nama shortcut. Shortcut adalah cara pintas untuk membuka suatu program tanpa harus mengikuti prosedur yang seharusnya. Di bagian bawah desktop ada sebaris menu yang merupakan taskbar. Di pojok kiri bawah dari desktop atau di bagian kiri pada taskbar terdapat tombol start (Start Button). Tombol START digunakan untuk memulai membuka suatu program secara prosedur, yaitu dengan cara menempatkan kursor tepat diatas START lalu klik bagian kiri mouse, kemudian pilih program yang akan dibuka dan klik bagian kiri mouse, maka program akan terbuka. Tombol START juga digunakan untuk menutup window/mematikan komputer secara prosedur, yaitu dengan cara menempatkan kursor tepat diatas START lalu klik bagian kiri mouse, kemudian pilih TURN OFF atau SHUT DOWN dan klik bagian kiri mouse, maka window akan tertutup/komputer akan mati (Catatan : biasanya anda diminta 2 kali klik turn off /shut down.

Tentang Mouse

- Fungsinya untuk menempatkan kursor (berupa tanda panah kecil di layar monitor) pada titik tertentu yang dikehendaki dengan cara menggeser-geser mouse.

- Bagian kiri mouse untuk klik kiri, yaitu menempatkan posisi kursor pada bagian dimana kursor berada. Selain itu bisa juga untuk memindahkan bagian kata/angka yang diblok lalu di-drag (tekan dan tahan klik kiri lalu digeser ke tempat lain, kemudian dilepas).

- Bagian kanan mouse untuk klik kanan, yaitu menampilkan operasi yang akan dilakukan terhadap titik dimana kursor berada saat itu.

- Bagian tengah mouse untuk drag, yaitu memindahkan posisi kursor ke atas dan ke bawah tanpa menggeser mouse.

Membuat Folder

1) Buka Window Explorer

2) Tempatkan kursor pada direktori yang dikehendaki

3) Tempatkan kursor pada Menu Bar (di bagian atas window), klik kiri mouse pada FILE, klik NEW, klik FOLDER, ketik nama FOLDER.

Membuat File

Ada 2 cara membuat file, yaitu : 1) Membuka dokumen kosong lalu diketik, kemudian disimpan dan diberi nama file ybs, 2) Membuat nama file lalu dibuka dan kemudian diketik isinya.

Berikut cara membuat file dengan cara yang kedua :

1) Buka Window Explorer

2) Tempatkan kursor pada direktori atau folder yang dikehendaki

3) Tempatkan kursor pada Menu Bar (di bagian atas window), klik kiri mouse pada FILE, klik NEW, klik program FILE yang dikehendaki (Microsoft Office Word Document / Microsoft Office Excell Worksheet / lainnya), ketik nama FILE.

Mencari dan menemukan Folder atau File

1) Buka Window Explorer

2) Klik kiri mouse pada tools di menu bar, klik find

3) Isikan nama file/folder yang dicari dengan mengisi pada kotak dialog yang muncul

4) klik find

Membuka file yang sudah disimpan

1) Buka Window Explorer

2) Klik folder tempat file berada

3) Klik dua kali (double klik) pada nama FILE

Mengubah nama file / folder

1) Buka Window Explorer

2) Tempatkan kursor pada nama file / folder yang dikehendaki, klik kanan mouse

3) Klik kiri pada rename, ketik nama file / folder yang baru.

Mengcopy file / folder

1) Buka Window Explorer

2) Tempatkan kursor pada nama file / folder yang dikehendaki, klik kanan mouse

3) Klik kiri pada copy

4) Tempatkan kursor pada direktori/folder lain, klik kanan mouse, klik paste.

Memindahkan file / folder

1) Buka Window Explorer

2) Tempatkan kursor pada nama file / folder yang dikehendaki, klik kanan dan tahan (jangan dilepas) lalu geser mouse ke tempat yang dikehendaki untuk memindahkan file / folder, lalu lepaskan (klik move here)

Menghapus file / folder

1) Buka Window Explorer

2) Tempatkan kursor pada nama file / folder yang dikehendaki

3) Klik kanan, lalu klik delete.

Application Software Word 2003

Tampilan dasar WORD

Setelah aplikasi WORD terbuka maka akan terbentanglah tampilan dasar WORD, yaitu sbb :

Paling atas ada TITLE BAR atau Bar Judul bertulisan :

Document 1 (Nama Dokumen) – Microsoft Word

Dibawahnya ada MENU BAR atau Bar Menu bertulisan :

File   Edit   View   Insert   Format   Tools   Window   Help

Dibawahnya lagi ada STANDARD TOOL BAR atau Toolbar Standar berisi : sederetan simbol-simbol operasi, yang jika anda klik kiri dengan kursor pada mouse akan menjalankan fungsi operasi tertentu sesuai dengan simbol yang ada.

Cara melakukan operasi dengan WORD

Cara sederhana bekerja dengan WORD, silahkan klik : MODUL WORD

Application Software Internet Explorer/Mozilla Firefox

Pengertian internet

Internet adalah singkatan dari Interconnected Network, artinya kerja jaringan yang saling berhubungan. Ada juga yang mengatakan bahwa internet merupakan singkatan dari International Network, artinya kerja jaringan secara internasional/antar bangsa. Secara umum Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan berbagai mesin komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia, yang pengaturannya dilakukan oleh satu komputer induk (Server Computer).

Komponen internet

Untuk dapat terjadinya jaringan interaksi internet maka dibutuhkan hardware dan software serta kode alamat yang jelas dan tidak tercampur.

Hardware berupa :

1) Komputer (server dan client),

2) Modem (alat penghubung komputer dengan ISP/Internet Service Provider),

3) Jaringan telepon

4) ISP (Perusahaan yang melayani jasa internet), contoh PT Telkom menyediakan layanan telkomnet@instan dan speedy (xxx@telkom.net)

.

Software berupa web browser seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox.

Alamat berupa kode www diikuti nama domain dan kode organisasinya, seperti www.google.co.id, www.wordpress.com, www.ut.ac.id, dan sebagainya. WWW adalah singkatan dari World Wide Web (biasa disingkat web atau website) yaitu sekumpulan dokumen audio visual yang saling berhubungan sebagai suatu jaringan dan tersimpan pada server.

Beberapa istilah dalam internet

- Web page = halaman web

- Web site = situs web (sekumpulan halaman web)

- Home page = halaman awal (halaman awal yang tampil saat situs web diakses)

- Email (electronic mail) = surat elektronik

- HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) = protokol transfer teks khusus (sarana pengatur internet yang mengatur pertukaran data audio visual dengan web server)

- URL (universal resource locator) = penempatan sumber alamat universal (untuk mengatur penempatan alamat website), contoh : http://www.ut.ac.id/index.htm

- HTML (hypertext markup language) = bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu/tag untuk membuat halaman web.

- Search Engine = mesin pencari, yaitu alamat web yang berfungsi untuk mencari berbagai sumber data dan informasi, contohnya : www.google.com, www.yahoo.com, dan lain-lain.

- Browsing = pekerjaan mencari berpindah-pindah alamat web

- Chatting = Berbicara langsung melalui internet (baik secara tertulis, lisan, maupun gambar)

Koneksi dengan internet

Koneksi dengan internet dapat dilakukan bila telah ada/terpasang jaringan internet dengan sistem komputer, umpamanya jaringan internet speedy, telkomnet_instan, indosat, xl, dan lain-lain. Setelah itu pada komputer telah di-setting sehingga ada ikon untuk terkoneksi ke internet. Dan pada sistem komputer telah ter-install web browser.

Cara membuka/Browsing internet

1) Klik double pada web browser pada desktop, atau memulai dari klik START lalu klik web browser (yaitu internet explorer, atau mozila firefox, atau lainnya).

2) Pada kolom dialog (putih) ketikkan alamat web yang akan kita buka, seperti : www.google.co.id, www.yahoo.co.id, www.okukab.go.id, www.kemdiknas.go.id, www.sertifikasiguru.org, dan lain-lain, lalu tekan ENTER, atau klik GO.  Jika anda tidak hafal alamat web, maka bisa saja membuka web google, kemudian setelah terbuka, ketik kalimat pada kotak penelusuran (putih) mengenai apa yang hendak anda cari, lalu tekan ENTER, atau klik PENELUSURAN.

Pada sistem penulisan di komputer, ada kata atau kalimat yang merupakan hyperlink, maksudnya kata atau kalimat tersebut terhubung dengan alamat lain. Cirinya jika kursor diletakkan di atasnya maka akan tampil finger point (kursor berbentuk tangan yang telunjuknya mengacung). Sedangkan navigating merupakan cara membuka halaman-halaman pada suatu situs atau dokumen. History merupakan folder perekam web yang pernah kita kunjungi.

Cara menyimpan halaman website

Cara Pertama (Menyimpan Langsung)

1) Klik FILE atau BERKAS

2) Klik SAVE AS atau SAVE PAGE AS atau SIMPAN HALAMAN SEBAGAI/DENGAN NAMA

3) Pada kotak dialog FILE NAME ketikkan nama file atau berkas yang sesuai dengan selera anda

4) Pada TYPE AS pilih WEB COMPLETE atau WEB lengkap

4) Klik SAVE

Cara Kedua (Meng-copy ke WORD)

1) Lakukan blok pada bagian yang akan di-copy

2) Klik COPY pada TOOLBAR (bisa juga klik kanan mouse lalu pilih COPY)

3) Buka lembar WORD, lalu klik PASTE pada TOOLBAR atau klik kanan mouse lalu pilih PASTE

Cara mencetak halaman website

1) Klik Print di kanan atas layar internet explorer atau klik berkas pada Mozila Firefox lalu pilih cetak

2) Klik OK

Cara singkat yaitu tekan tombol Ctrl dan P lalu klik OK

Cara menutup halaman website

Klik CLOSE (tanda X) di sudut kanan atas layar.

Bonus : Cara Membuat Email di Yahoo

Penutup

RUJUKAN

Denny Setiawan, dkk., Komputer dan Media Pembelajaran, Edisi 1, Universitas Terbuka.

Referensi

  1. V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.
  2. Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.
  3. William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s