Mata Kuliah, Tutorial dan Sistem Belajar

Mata Kuliah

Komputer dan Media Pembelajaran

UNIVERSITAS TERBUKA

UPBJJ                                         : 18/Palembang,  Jl. Sultan Muhammad Mansyur Bukit Lama, Palembang –30139, Telp. (0711) 443993, 443994, Fax. (0711)443992,  e-mail: ut-palembang@upbjj.ut.ac.id

Perguruan tinggi pembina : Universitas Sriwijaya

Fakultas                                     : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Program                                    : Sarjana

Program Studi                        : 79 / Pendidikan Guru Sekolah Dasar/PGSD (S1)

Mata Kuliah                             : IDIK4010/Komputer dan Media Pembelajaran

Jumlah SKS                              : 3 SKS / Teori

Bahan ajar                                : IDIK4403/ Komputer dan Media Pembelajaran(Bahan ajar disertai multimedia)

Kelompok belajar (Pokjar): Baturaja, Ogan Komering Ulu

Tutor                                           : Susanto, SHI, S.AP.

Mata kuliah ini mempunyai fokus pada pengembangan keterampilan mahasiswa untuk merancang dan menggunakan berbagai media pembelajaran

Mata kuliah ini dikemas dalam Buku Materi Pokok yang terdiri dari 9 modul seperti berikut:

Modul 1. Media Gambar Diam.

Modul 2. Media Display.

Modul 3. Overhead Tranparency.

Modul 4. Tumbuhan Sebagai Media Sederhana.

Modul 5. Barang Bekas dan Barang Sederhana.

Modul 6. Lingkungan dan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran.

Modul 7. Komputer dan Pembelajaran

Modul 8. Penggunaan Komputer Untuk Pemerolehan Informasi

Modul 9. Panduan Praktek Pembuatan Media dan Pemanfaatan Komputer

Untuk memudahkan pembahasan materi dalam mata kuliah ini tutor membagi materi ke dalam 8 bagian sesuai dengan jatah wajib tutorial tatap muka mahasiswa dalam satu semester yaitu 8 kali pertemuan.

Pertemuan 1 :

1. Media Pembelajaran (Pengertian, Posisi, Manfaat, Fungsi, Klasifikasi, Pemilihan, Karakteristik, dan Pengembangan)

2.  Media Gambar Diam

Pertemuan 2 : Media Display

Pertemuan 3 : Overhead Transparency

Pertemuan 4 : Tumbuhan sebagai Media Sederhana

Pertemuan 5 : Barang Bekas dan Barang Sederhana sebagai Media Pembelajaran

Pertemuan 6 : Lin gkungan dan Alam Sekitar sebagai media Pembelajaran

Pertemuan 7 : Komputer sebagai Media Pembelajaran dan Alat Pemerolehan Informasi

Pertemuan 8 : Latihan/Praktek dan Contoh Soal

Tutorial dan Sistem Belajar Jarak Jauh

A. Tutorial

Jenis tutorial yang dapat diikuti oleh mahasiswa Universitas Terbuka :

1.  Tutorial Tatap Muka

Tutorial tatap muka dilaksanakan oleh UPBJJ-UT dan UT-Pusat (Fakultas). Tutorial dilakukan sebanyak 8 kali dan mahasiswa diberi tugas sebanyak 3 kali. Tutor berasal dari PTN/PTS/Dinas Pendidikan/LPMP/instansi lain yang telah terakreditasi. Untuk memperoleh informasi tentang jadwal, tempat, dan biaya tutorial, mahasiswa dapat menghubungi UPBJJ-UT terdekat dan Fakultas di UT-Pusat.

2.  Tutorial Melalui Radio, Televisi, dan Media Massa

Mahasiswa dapat mengikuti tutorial radio lewat Programa Nasional 1 RRI dengan gelombang FM 92.8 MHz, gelombang MW 1332 kHz dan SW 9680 kHz pada pukul 14.35–15.00 WIB. Tutorial melalui radio ini diadakan 6 kali dalam seminggu, Senin sampai dengan Sabtu. Sementara itu, khusus untuk guru, tutorial melalui televisi dapat disimak melalui TV Edukasi saluran 2. Siaran ini dipancarluaskan melalui Satelit Telkom 1 dengan posisi parabola diarahkan ke Polarisasi Horizontal dengan frekuensi siaran 3807 MHz, Downlink 3807 MHz. Symbol Rate (SR) 4000 pada hari Sabtu pukul 14.00-16.00 WIB, dan melalui satelit pada saluran SWARA pada hari Senin sampai dengan Minggu pukul 05.00-05.30 WIB. Di samping itu, beberapa media massa lokal juga menyajikan tutorial untuk mahasiswa UT, untuk informasi ini dapat ditanyakan kepada petugas UPBJJ-UT.

3.  Tutorial Online

Tutorial secara online (Tuton) disediakan agar mahasiswa secara individual mendapatkan akses khusus yang berbeda dengan mahasiswa yang lain. Fitur ini dikenal sebagai fasilitas My-UT. Fitur tersebut menyediakan fasilitas tuton selaras dengan registrasi mata kuliah yang dilakukan oleh mahasiswa pada saat semester berjalan. Jika seorang mahasiswa telah melakukan aktivasi account, maka otomatis mahasiswa tersebut dimasukkan ke dalam kelompok tuton untuk mata kuliah yang tersedia. Tuton dilaksanakan tanpa dikenakan biaya. Pada fitur My-UT ini juga tersedia fasilitas untuk memperoleh bahan ajar suplemen, bahan ajar audio/video, naskah Latihan Mandiri (LM), mengerjakan LM secara online, dan peragaan nilai guna meningkatkan kualitas layanan bagi mahasiswa UT.

Mahasiswa harus melakukan aktivasi account pada situs UT melalui http://www.ut.ac.id. Setelah proses ini dilakukan mahasiswa akan memperoleh account password untuk dapat masuk ke layanan tuton. Mahasiswa yang hendak mengikuti tuton harus memiliki alamat e-mail yang valid. Tuton dapat diakses dengan menggunakan menu yang ada dalam situs UT. Sebelum mahasiwa melakukan proses login, dianjurkan kepada para mahasiswa agar men-download dan membaca Panduan Tuton yang telah tersedia pada menu tutorial tersebut. Apabila mahasiswa mempunyai masalah dalam mengakses situs Tuton, maka mahasiswa dapat berkonsultasi melalui email : ut-online@mail.ut.ac.id. Saat ini bahan ajar suplemen dan pengembangannya diletakkan di dalam fasilitas My-UT sehingga dapat diakses oleh mahasiswa UT.

4.  Konseling Online

Apabila mahasiswa mempunyai masalah dalam suatu mata kuliah, maka mahasiswa tersebut dapat meminta bantuan pada Forum Diskusi yang tersedia di dalam situs UT; atau dapat juga mengirim email ke :  info@p2m.ut.ac.id dengan subjek: “Permintaan Bantuan Belajar <kode mata kuliah> atau <nama mata kuliah>”, atau hubungi melalui e-mail masing-masing Ketua Jurusan atau Ketua Program Studi.

B.  Sistem Belajar

Salah Satu Sistem Belajar yang dapat diterapkan mahasiswa pada sistem belajar jarak jauh adalah dengan sistem “Murder“. Sistem ini apabila diterapkan dengan sungguh-sungguh akan menjadikan belajar Anda efektif dan efisien. Penjelasan dari system MURDER ini adalah sebagai berikut.

MURDER (English) = Mood – Understand – Recall – Digest – Expand – Review yang apabila dijabarkan lebih lanjut seperti berikut. (Perincian sistem belajar “MURDER” ini, yang diadaptasi dari buku The Complete Problem Solver oleh Bob Nelson)

1. Mood – Suasana Hati

Ciptakan selalu mood yang positif untuk belajar karena seperti pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang, maka sebaiknya mahasiswa mencoba mengenali lebih dulu materi, dosen/tutor atau buku materi pokok. Setelah kita mengenal hal-hal tersebut maka akan timbul rasa suka terhadap mata kuliah ini. Selain itu, Anda juga harus selalu berusaha untuk membuat atau menciptakan perasaan senang dan bahagia setiap kali akan mempelajari materi. Caranya dapat dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadi masing-masing.

2. Understand – Pemahaman

Bacalah buku materi pokok secara keseluruhan. Beri tanda kalimat/kata yang tidak dimengerti. Kemudian jika ada kesempatan cobalah untuk mencari tahu dengan bertanya atau mencari sumber-sumber lain untuk menemukan jawaban/ informasi terhadp kalimat/kata/hal yang tidak dimengerti tersebut. Tidak perlu malu untuk bertanya pada teman sejawat, tutor ataupun pihak lain yang Anda anggap lebih mengetahui hal tersebut.

3. Recall – Ulang

Ulangi materi yang telah dipelajari secara periodik dan berkesinambungan. Misalnya setiap seminggu sekali . Caranya adalah dengan membuat rangkuman (bukan ringkasan) dengan menggunakan kata-kata sendiri tentang materi yang sudah dipelajari. Lakukan pengulangan seperti Anda membuat spiral sehingga pengulangan yang Anda lakukan tetap akan menyentuh materi pertama yang Anda pelajari.

4.Digest – Telaah

Baca kembali;I hasil rangkuman yang telah Anda buat, jika masih ada yang kurang jelas cobalah untuk mencari penjelasan lebih lanjut pada sumber belajar yang terkait atau diskusikan dengan teman sejawat, atau tutor/dosen Anda

5. Expand – Kembangkan

Kembangkan materi yang telah Anda pelajari dan telah Anda rangkum tadi dengan cara mencoba menerapkan pada kehidupan Anda sehari-hari. Seandainya Anda seorang guru, cobalah menerapkan materi yang Anda pelajari tersebut pada kegiatan pembelajaran di kelas Anda. Catat apa saja kekurangan dan kelebihan dari materi tersebut saat diterapkan di lapangan. Buat catatan yang lengkap dan gunakan catatan tersebut untuk didiskusikan dengan teman sejawat atau tutor/dosen Anda. Selain dengan cara tersebut dapat pula dilakukan dengan mencoba membuat soal berdasarkan materi tersebut yang telah dipelajari dan yang akan Anda jawab sendiri. Apakah Anda bisa menjawab semua soal tersebut dengan baik?

6. Review – Pelajari Kembali

Pelajari kembali setiap materi yang telah dipelajari dan jangan pernah bosan untuk mengulang-ulang materi yang sudah Anda baca karena hal tersebut akan membuat Anda semakin mudah mengingat dan memahaminya

Sumber : http://www.studygs.net/indon/murder.htm

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s