Tugas Tutorial Mahasiswa (Quiz)

Rancangan Pemberian Tugas Tutorial-1 (Quis-1)

Tutorial ke : 3

 

Kode dan Mata kuliah         :  IDIK4010 / Komputer dan Media Pembelajaran

Nama Pengembang              :  Susanto, SHI, S.AP.

Masa Registrasi                      :  2010.2

Rentang Skor                          :  10 – 100

 

Pokok Bahasan                                 :  Media Gambar Diam

Kompetensi Khusus/TIK             :

Mahasiswa mampu menggunakan berbagai jenis bahan dan teknik yang diperlukan dalam membuat gambar.

Uraian Tugas :

1)       Mahasiswa ditugaskan membaca dan memahami BMP IDIK4403 Modul 1 Kegiatan Belajar 1 halaman 1.4 s.d 1.9.

2)       Mahasiswa ditugaskan membuat jawaban tertulis mengenai soal berikut :

Gambar manusia, gambar hewan, gambar alam, atau gambar hasil pemotretan merupakan gambar diam yang dipergunakan sebagai media pembelajaran. Dalam membuat sendiri gambar manusia ada 2 teori yang bisa digunakan, yaitu teori sederhana dan teori proporsional. Jelaskan oleh saudara mengenai teori proporsional

 

Pokok Bahasan                                 :  Media Display

Kompetensi Khusus/TIK             :

Mahasiswa mampu membedakan antara chart, grafik, poster, dan bulletin board sebagai bagian dari media pembelajaran.

Uraian Tugas :

1)       Mahasiswa ditugaskan membaca dan memahami BMP IDIK4403 Modul 2 Kegiatan Belajar 1 halaman 2.3 s.d 2.11

2)       Mahasiswa ditugaskan membuat jawaban tertulis mengenai soal berikut :

Chart, grafik, poster, dan bulletin board merupakan media display yang dipergunakan sebagai media pembelajaran. Apabila saudara ingin menampilkan pesan yang lebih bersifat umum, maka jenis media display yang mana yang saudara pilih, dan jelaskan alasan saudara.

 

Pokok Bahasan                                 :  Overhead Transparency

Kompetensi Khusus/TIK             :

Mahasiswa memahami dasar pengertian dan manfaat OHP dan OHT.

Uraian Tugas :

1)       Mahasiswa ditugaskan membaca dan memahami BMP IDIK4403 Modul 3 Kegiatan Belajar 1 halaman 3.3 s.d 3.9

2)       Mahasiswa ditugaskan membuat jawaban tertulis mengenai soal berikut :

Overhead transparency ( OHT ) merupakan lembaran plastik bening yang bersifat tembus pandang atau tembus cahaya dan dapat dipergunakan sebagai bahan pembuatan media pembelajaran, yaitu dengan cara menuliskan kerangka materi atau merekamkan objek diatasnya, kemudian divisualisasikan dengan alat yang bernama Overhead projector ( OHP ). Ada banyak sekali jenis OHT, diantaranya write on film, infrared film atau thermal transparency, PPC film dan Highlight film. Apabila saudara ingin membuat transparansi dengan kualitas yang baik dengan menggunakan mesin fotokopi, maka jenis OHT yang mana yang saudara pilih, dan jelaskan alasan saudara.

 

Pokok Bahasan                                 :  Media Display

Kompetensi Khusus/TIK             :

Mahasiswa mampu membuat perencanaan media / merancang media yang baik sesuai dengan pokok bahasan yang akan diberikan.

Uraian Tugas :

1)       Mahasiswa ditugaskan membaca dan memahami BMP IDIK4403 Modul 2 Kegiatan Belajar 2 halaman 2.15

2)       Mahasiswa ditugaskan membuat jawaban tertulis mengenai soal berikut :

Dalam membuat media pembelajaran kita harus membuat perencanaan umum dan perencanaan visual. Ada 2 pola dalam perencanaan umum yang kita butuhkan dalam merencanakan sebuah media jika kita menghendaki hasil yang efektif dan sekaligus menarik. Apakah kedua pola tersebut ?

 

QUIS-1 ( TT-1 )

PROGRAM                              : S1 PGSD

KODE / MATA KULIAH    : IDIK4010 / KOMPUTER & MEDIA PEMBELAJARAN

SEMESTER / TAHUN         : IX / 2010

BOBOT SKS                             : 3 SKS

NAMA TUTOR                      : SUSANTO, SHI, S.AP.

TANGGAL KEGIATAN      : 2 OKTOBER 2010

KELAS                                      : A, B, C

WAKTU                                   : 60 menit

 

1. Gambar manusia, gambar hewan, gambar alam, atau gambar hasil pemotretan merupakan gambar diam yang dipergunakan sebagai media pembelajaran. Dalam membuat sendiri gambar manusia ada 2 teori yang bisa digunakan, yaitu teori sederhana dan teori proporsional. Jelaskan oleh saudara mengenai teori proporsional.

2. Chart, grafik, poster, dan bulletin board merupakan media display yang dipergunakan sebagai media pembelajaran. Apabila saudara ingin menampilkan pesan yang lebih bersifat umum, maka jenis media display yang mana yang saudara pilih, dan jelaskan alasan saudara.

3. Overhead transparency ( OHT ) merupakan lembaran plastik bening yang bersifat tembus pandang atau tembus cahaya dan dapat dipergunakan sebagai bahan pembuatan media pembelajaran, yaitu dengan cara menuliskan kerangka materi atau merekamkan objek diatasnya, kemudian divisualisasikan dengan alat yang bernama Overhead projector ( OHP ). Ada banyak sekali jenis OHT, diantaranya write on film, infrared film atau thermal transparency, PPC film dan Highlight film. Apabila saudara ingin membuat transparansi dengan kualitas yang baik dengan menggunakan mesin fotokopi, maka jenis OHT yang mana yang saudara pilih, dan jelaskan alasan saudara.

4. Dalam membuat media pembelajaran kita harus membuat perencanaan umum dan perencanaan visual. Ada 2 pola dalam perencanaan umum yang kita butuhkan dalam merencanakan sebuah media jika kita menghendaki hasil yang efektif dan sekaligus menarik. Apakah kedua pola tersebut ?

 

Rancangan Pemberian Tugas Tutorial-2 (Quis-2)

Tutorial ke : 5

 

Kode dan Mata kuliah         :  IDIK4010 / Komputer dan Media Pembelajaran

Nama Pengembang              :  Susanto, SHI, S.AP.

Masa Registrasi                      :  2010.2

Rentang Skor                          :  10 – 100

 

Pokok Bahasan                   :  Barang Bekas dan Barang Sederhana

Kompetensi Khusus/TIK    :

1. Mahasiswa memahami peranan barang bekas yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran,

2. Mahasiswa terampil memanfaatkan barang bekas dan barang sederhana sebagai media pembelajaran.

 

Uraian Tugas :

1)    Mahasiswa ditugaskan membaca dan memahami BMP IDIK4403 Modul 5 Kegiatan Belajar 1 halaman 5.3 s.d 5.9 dan kegiatan belajar 2 halaman 5.13 s.d 5.16

2)    Mahasiswa ditugaskan membuat jawaban tertulis mengenai soal berikut :

1.    Tuliskan 5 hal yang terkait dengan penetapan media yang dibuat dari bahan sederhana agar dapat menjadi pembelajaran yang efektif.

2.    Buatlah satu contoh pemanfaatan barang bekas untuk membuat satu media pembelajaran (jelaskan langkah-langkah pembuatannya serta kegunaannya).

 

Pokok Bahasan        :  Lingkungan dan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran

Kompetensi Khusus/TIK    :

Mahasiswa dapat merancang media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan dan alam sekitar.

Uraian Tugas :

1)    Mahasiswa ditugaskan membaca dan memahami BMP IDIK4403 Modul 6 Kegiatan Belajar 1 halaman 6.7 s.d 6.9.

2)    Mahasiswa ditugaskan membuat jawaban tertulis mengenai soal berikut :

Berikan contoh lingkungan untuk pengembangan motorik kasar, motorik halus dan perkembangan emosi siswa. Jelaskan satu persatu.

 

QUIS-2 ( TT-2 )

PROGRAM                              : S1 PGSD

KODE / MATA KULIAH    : IDIK4010 / KOMPUTER & MEDIA PEMBELAJARAN

SEMESTER / TAHUN         : IX / 2010

BOBOT SKS                             : 3 SKS

NAMA TUTOR                      : SUSANTO, SHI, S.AP.

TANGGAL KEGIATAN      : 10 OKTOBER 2010

KELAS                                      : A, B, C

WAKTU                                    : 40 menit

 

1.    Tuliskan 5 hal yang terkait dengan penetapan media yang dibuat dari bahan sederhana agar dapat menjadi pembelajaran yang efektif.

2.    Buatlah satu contoh pemanfaatan barang bekas untuk membuat satu media pembelajaran (jelaskan langkah-langkah pembuatannya serta kegunaannya).

3.    Berikan contoh lingkungan untuk pengembangan motorik kasar, motorik halus dan perkembangan emosi siswa. Jelaskan satu persatu.

 

Rancangan Pemberian Tugas Tutorial-3 (Quis-3)

Tutorial ke : 7

 

Kode dan Mata kuliah         :  IDIK4010 / Komputer dan Media Pembelajaran

Nama Pengembang              :  Susanto, SHI, S.AP.

Masa Registrasi                      :  2010.2

Rentang Skor                          :  10 – 100

 

Pokok Bahasan                   :  Komputer dan Pembelajaran

Kompetensi Khusus/TIK    :

Mahasiswa menyadari tentang pentingnya mempelajari komputer pada saat ini khususnya untuk membantu pembuatan media pembelajaran

 

Uraian Tugas :

1)    Mahasiswa ditugaskan membaca dan memahami BMP IDIK4403 Modul 7 Kegiatan Belajar 2 halaman 7.23 s.d 7.27

2)    Mahasiswa ditugaskan membuat jawaban tertulis mengenai soal berikut :

3)    Menurut Heinich dkk ada 6 bentuk interaksi pembelajaran yang dapat dilakukan melalui komputer. Tuliskan dan jelaskan keenam bentuk interaksi tersebut.

QUIS-3 ( TT-3 )

 

PROGRAM                              : S1 PGSD

KODE / MATA KULIAH    : IDIK4010 / KOMPUTER & MEDIA PEMBELAJARAN

SEMESTER / TAHUN         : IX / 2010

BOBOT SKS                             : 3 SKS

NAMA TUTOR                      : SUSANTO, SHI, S.AP.

TANGGAL KEGIATAN      : 9 OKTOBER 2010

KELAS                                     : A, B, C

WAKTU                                  : 40 menit

 

Menurut Heinich dkk ada 6 bentuk interaksi pembelajaran yang dapat dilakukan melalui komputer. Tuliskan dan jelaskan keenam bentuk interaksi tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s